Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Domain Gratis Selamanya

Wuih sob judulnya aja udah gratis-gratis gitu. Pasti asik nih :D :D. Ok sob. Dalam beberapa minggu ini aku lagi semangat ng'blog nih. Faktor kejenuhan dan kesibukan yang tiada terhara terus menggelitik otak reptil saya untuk berbagi informasi , "yaaa termasuk informasi kalo saya lagi jenuh ^___^".  ahahha lebay deh :).   Dilatarbelakangi kebosanan dengan alamat blog saya yang gitu-gitu aja akhirnya saya berinisiatif untuk merubah domain blog saya menjadi lebih berbeda. ya seperti .com .co.cc atau apa lah. Tapi berdasarkan pengalaman sob. Menggunakan domain .co.cc banyak merugikan kami. Kalo gak percaya cari aja di mbah google.

Sory ya sob, jadi banyak omong nih. Sekalian latihan ngetik :D .

http://www.smartdots.com/   " Saya juluki website ini si pemberi sejuta domain salawase" Kenapa begitu ?
wah sob, aku pernah nyoba-nyoba ternyata emang benar. Ada beragam pilihan domain yang sangat menarik.
Selain itu website http://www.smartdots.com/ juga terdapat fitur url forwading. Pokokee top markotop lahh sob. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi sajoo websitenyoo.

Apa sajo yo kelebihannya smartdots :

Pengenalan Program C++



Posting sebelumnya yaitu membahas tentang  asal usul bahasa C++.  Dan pada kesempatan kali ini mari kita sama-sama belajar dan mengenal program C++ yang paling dasar.
Program Menampilkan Teks “Aku cinta Indonesia”

#include
void  main()
{
cout<<”Aku cinta Indonesia”;
}
Setelah di compile dan di Run maka akan muncul tulisan AKu Cinta Indonesia.
Penjelasan Program :
#include merupakan perintah untuk memasukan file header.  File header tersebut digunakan agar perintah cout<< bias dijalankan. Jika file header tersebut di hapus maka akan terjadi error. Cara penulisan file header yaitu #include atau #include “fileheader”.
Dalam satu program bisa saja membutuhkan banyak file header .
Sebelum kita  menjalankan program hendaknya kita mengenal lebih baik editor/compile  yang kita gunakan.  

Mengenal Bahasa C++



Perkembangan Bahasa C

Bahasa C merupakan hasil perkembangan dari bahasa B yang di tulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C untuk pertama kali ditulis oleh Brian W.Kernighan dan Denies M.Ritchie pada tahun 1972. Pada awalnya bahasa C dioperasikan pada system operasi UNIX.
Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah, yang bersifat case sensitive artinya setiap penulisan huruf kecil dan besar memiliki fungsi yang berbeda. Bahasa C memiliki banyak kelebihan, di antaranya untuk menciptakan perangkat lunak, seperti dBASE, Word Star, dan lain-lain. Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang kemudian dinamakan C with Classes dan pada tahun 1983 berganti nama menjadi C++.
Keistiwemaan bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented Programming).  Untuk mengenal lebih lanjut bahasa ini silahkan anda informasi sebanyak mungkin dari nara sumber yang berbeda agar pengetahuan kita semakin bertambah.
Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor
sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi
program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan oleh
compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama
dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker.
Hasilnya adalah file (.EXE) executable.

Salam Sukses.

Multimedia Menurut Wikipedia

'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Sumber : wikipedia

Pengolahan Citra Menurut Wikipedia


Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Definisi dasar
Berikut ini adalah definisi dasar yang dipergunakan dalam pengolahan citra :

Citra

Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling.
Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].

Sampling

Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu.
Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan.
Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.

Kuantisasi

Ada kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata yang didapat di relasikan ke level warna tertentu. Contohnya apabila dalam citra hanya terdapat 16 tingkatan warna abu-abu, maka nilai rata-rata yang didapat dari proses sampling harus diasosiasikan ke 16 tingkatan tersebut. Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu disebut dengan kuantisasi.

Derau

Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & pepper.
Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan noise.

Operasi pengolahan citra

Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
  • Peningkatan Kualitas Citra (Image Enhancement)
Operasi peningkatan kualitas citra bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra.
  • Pemulihan Citra (Image Restoration)
Operasi pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.
Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
  • Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.
  • Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.
  • Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.

Alat bantu matematika

Alat bantu matematika yang sering dipakai dalam pengolahan citra adalah sebagai berikut :
  • Statistik inheren
  • Konvolusi
  • Transformasi Fourier
  • Representasi Kontur

Algoritma

Berikut ini adalah algorima yang biasa dipakai dalam pengolahan citra. Algoritma dibawah ini dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan pendekatan yang dilakukan dalam memanipulasi citra asli.

Algoritma berbasis histogram

Algoritma kategori ini menggunakan histogram dari citra awal untuk menghasilkan citra baru.
  • Peregangan Kontras
  • Ekualisasi histogram
  • Filter Minimum
  • Filter Median
  • Filter Maksimum

Algoritma berbasis matematika

Algoritma pada kategori ini menggunakan piksel/beberapa piksel untuk menjadi masukan suatu fungsi matematik untuk menentukan nilai piksel pada citra hasil.
  • Biner
Operasi ini berbasis operasi boolean (AND,OR,NOT) untuk memanipulasi citra
  • Aritmetika
Operasi ini berbasis operasi Aritmatika ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian citra)
  • Geometri
Sumber : Wikipedia