Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Pernyataan for

Pernyataan for

Fungsi penyataan for tidak jauh berbeda dengan pernyataan while yaitu mengulang eksekusi program. Dapat kita bayangkan apabila kita hendak menuliskan 1000mprogram dan kita menuliskannya secara manual. Wahhh itu sangat tidak efisien kawan. Dengan adanya pernyataan for kita dengan mudah dapat mengulang eksekusi program hanya dengan menuliskan beberapa sintaks program yang sangat mudah dan sederhana. Huhhh hemat waktuu kan ?? hemat dunkkk..oke lahh to the pont jja yaa kita langsung ke TKP. Bentar-bentar aku mau bakar rokok dulu niiihh. Coding tanpa merokok huhh gak asikkkk, pikiran malah jenuh gak karuan. Merokok memang gak baik untuk kesehatan, tapi menurut saya rokok adalah motivasiku saat coding. Walah-walah koo malah curhat. Ok,ok..langsung ajja.
Kawan dibawah ini merupakan bentuk umum perulangan for. Bentuknya adalah sebagai berikut :

for(ungkapan1,ungkapan2,ungkapan3)
pernyataan;
coba kita perhatikan dengan seksama bentuk umum pernyataan for diatas. Pernyataan diatas identik dengan bentuk pernyataan while. Hanya saja berbeda letak sintaksnya saja.
Ungkapan1;
while(ungkapan2)
{
Pernyataan;
Ungkapan3;
}

Jadi bergini kawan ungkapan 1 merupakan pernyataan inisialisasi sebelum masuk while dan ungkapan 2 berlaku sebagai kondisi while sedangkan ungkapan 3 berperan sebagai pengatur variable yang digunakan didalam ungkapan 1.
Berikut ini adalah contoh program sederhana menggunakan pernyataan for :
#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
int a;
a=0;
while(a<28)
{

cout<<"MENAMPILKAN DERET BILANGAN GENAP"<<endl;
cout<<"KURANG DARI ATAU SAMA DENGAN A"<<endl;
cin>>a;
if(a%2)
a--;
for(;a>=0;a-=2)
cout<<a<<'';

}

    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}


Posted by Unknown, Published at 07.45 and have 0 comments