Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Apa itu algoritma ?

Apa itu algoritma ?


ALGORITMA
Apa itu algoritma ? Dari mana algoritma berasal ? Siapakah yang pertama kali menemukan algoritma ?
Mengapa ada algorima ? 
Berawal dari tanya lahirlah sebuah pengetahuan dalam diri dan berawal dari pengetahuan terciptalah sebuah kemajuan dan seterusnya hingga ajal menjeput kita,,waduhh jadi bawa-bawa ajal gini,,maaf gak ada kata-kata lagi. Hee
Lanjuttt cuyyy…
Menurut artikel yang saya baca (alex@ilmukomputer.com) algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dan di ‘SUSU’n  maaf maksud saya disusun secara sistematis dan logis (inget yayangku trus heee). Kunci dasar dalam algoritma adalah kata logis. Dan langkah-langkahnyapun harus bernilai benar atau salah.
Kata LOGIS itulah yang harus di ingat. Apabila tidak logis dan belum tau benar atau salahnya berarti belum memenuhi syarat alogoritma yang tepat.
Asal-usul algoritma aduuh saya juga belum tau yaa..tapi dari artikel/buku-buku yang saya baca ditinjau dari sudut etimologi algoritma berasal dari kata algorism yang berarti prosess menghitung dengan angka arab. Nah, mungkin saja algortma berasal dari arab he. Tidak sedikit para ahli bahasa dan pakar sejarah termasuk ‘saya sendiri’ (canda2 he) yang mencari tau asal kata alogoritma namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematikapun menemukan asal kata yang bersumber dari seorang  penulis buku terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. ‘Bussyet panjang banget namanya yaa’. Nama algoritma di ambil dari nama khuwarizmi, akan tetapi orang barat membacanya algorism.
Judul buku yang di tulis oleh akang Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan”
(The book of restoration and reduction). Dari judul buku itulah peneliti dapat memperoleh akar kata”al-jabar” (al-gebra). Perubahan kata dari al-gorism menjadi al-gorithm dan seterusnya. Dan lambat laun kata al-gorithm sering di pakai untuk metode perhitungan, hingga kehilangan makna aslinya. Dalam bahasa Indonesia kata al-gorithm diserap lagi menjadi kata al-goritma.

Cukup sekian ….wassalam….





Posted by Unknown, Published at 00.54 and have 4 comments

4 comments: