Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

ULI JON ROTH (electric sun/eks scorpion)

ULI JON ROTH (electric sun/eks scorpion)



Image
Nama Beken: Uli Jon Roth
Nama Asli: Urlich Roth
Band: Electric Sun
Band Sebelumnya: Dawn Road, Scorpions
Tempat/Tgl Lahir: Dusseldorf (Jerman), 18 Desember 1954
Pengaruh Musikal: Jimi Hendrix, Vivaldi, Paganini, Mozart, J.S Bach
Gear: Sky Guitar 7 String- 6 Oktaf & Marshall 100w


Uli Jon Roth merupakan multi-instrumentalist sejati yang memulai karirnya sejak awal tahun 1970an dan menulis semua music scores + aransemennya sendiri. Uli bermain gitar sejak usia 13 tahun dan bergabung dengan Klaus Meine (vokalis Scorpions) di sebuah band bernama Dawn Road pada tahun 70an. Tidak lama kemudian mereka membentuk band Scorpions dan merilis album-album legendaris seperti Flying To The Rainbow (1974), In Trances (1975) dan Virgin Killer (1976). Uli kemudian meninggalkan Scorpions pada tahun 1978.

Uli kemudian membentuk sebuah band trio bernama Electric Sun pada tahun 1979 dan merilis album seperti: Earthquake (1979) & Fire Wind (1981). Untuk project berikutnya Uli berganti haluan ke musik symphonic neo-classical rock, memperluas kemampuan berkomposisinya dan menciptakan instrumen uniknya sendiri - yakni sebuah Sky Guitar 7 senar - 6 Oktaf yang legendaris dan tiada tanding itu. Dengan gitar 6 oktaf ini, Uli mampu menghasilkan sound gitar yang benar-benar mirip dengan biola (bukan hanya sekadar mirip).

Dengan gitar ini pula Uli akhirnya menghasilkan album Electric Sun yang berjudul: Beyond the Astral Skies, dirilis tahun 1984. Jika Anda simak album ini, Anda akan dapat membuktikan bahwa Uli-lah yang selama ini banyak memberi pengaruh musikal dan permainannya ke gitaris kelas atas seperti Yngwie Malmsteen, Steve Vai, Marty Friedman dan masih banyak lagi.

Selanjutnya Uli merilis album-album neo-classical seperti Aquila Suite (1991) yang merupakan 1 set of 12 etudes yang ditulis untuk solo piano, dengan gaya dari era Romantic. Pada tahun 1998 Uli juga sempat bergabung dengan di G3 Eropa bersama dengan Joe Satriani dan Michael Schenker. Pada tahun 2000, Uli kembali merilis album 2 CD berjudul: Transcendental Sky Guitar.

Pada tahun 2003 Uli kembali menggegerkan dunia pergitaran dengan album baru 2 CD: Metamorphosis Of Vivaldi's Four Seasons. Di mana pada CD 1 Uli mengaransemen dan memainkan Four Seasons milik Antonio Vivaldi dengan gitarnya bersama full orkestra dan di CD ke-2nya Uli melanjutkan komposisi Four Seasons tersebut. Hasilnya sungguh menabjubkan, benar-benar hasil karya seorang maestro.

Uli juga seorang music director, pelukis dan menulis puisi beserta filosofinya. Uli juga langsung memproduseri sendiri album-album dan video-videonya sendiri. Musik Uli sendiri mayoritas berwarna Neo-Classical, namun Uli juga memiliki beberapa album blues - sebagai salah satu bukti bahwa Uli sangat mengagumi Jimi Hendrix.

Telah diakui dunia bahwa Uli adalah suhu dan nenek moyang dari semua gitaris & merupakan salah satu gitaris yang paling banyak mempengaruh gitaris-gitaris di seluruh dunia, bahkan di forum resmi Uli sendiri... fansnya lebih tertarik untuk mempelajari filosofi Uli jon Roth ketimbang teknik bermain gitarnya sendiri! Wow!

Namun sangat disayangkan namanya tidaklah selegendaris Ritchie Blackmore (Deep Purple) berhubung Uli berasal dari Jerman dan lebih popular di Eropa dibanding di negara lain. Bahkan di Indonesia sendiri, CD dan kasetnya susah sekali diperoleh.



Posted by Unknown, Published at 18.27 and have