Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Menu Awal dalam pengEditan blog di Blogspot

Menu Awal dalam pengEditan blog di Blogspot

Menu Awal dalam pengEditan blog di Blogspot


Hi, Pada posting sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana Buat Blog Gratis di Blogspot. nah sekarang saatnya saya menjelaskan isi dari Menu editing blog, mudah-mudahan saja bisa membantu kamu, hehehe.. hanya sekedar share...

Membuat Posting di Blog
Dalam menu Posting, terdapat tiga buah menu tambahan/submenu dibawahnya yang dapat kamu gunakan agar artikel yang kamu posting sesuai dengan yang di inginkan, yaitu:

    Menu “Buat” Untuk membuat artikel atau berita apapun yang kamu suka untuk di publikasikan di blog, caranya pertama kamu harus mengisi kolom judul dari artikel yang akan dibuat. Kamu dapat membuat posting dengan dua menu tampilan, yaitu menu “edit HTML” (visual) dan “Compose” (kode), kamu juga dapat melakukan format pada posting dengan memasukkan berbagai media seperti gambar dan video secara visual dengan klik tombol “Add Media” pada menu edit HTML, sedangkan Compose digunakan untuk mengedit posting dalam bentuk tampilan kode-kode HTML. Setelah artikel dibuat dan di format sesuai dengan keinginan kamu, kemudian berikan label atau tag untuk posting kamu pada kolom label di bawahnya, dan akhiri dengan memilih klik “Mempublikasikan Posting” agar posting yang kamu buat tersebuat ter-publish dalam blog. Menu “Edit Posting” Digunakan untuk mengedit seluruh isi posting yang ada, mulai dari posting yang ter-publish, draft, hingga posting terjadwal akan ditampilkan pada menu ini dapat kamu ubah sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu dapat mengedit isi posting yang pernah kamu buat sebelumnya, mengganti label posting, hingga menghapus posting yang kadaluwarsa. Menu “Moderasi Komentar” Berguna untuk melakukan moderasi pada tiap komentar yang diberikan pengunjung untuk tiap posting yang kita buat. Kamu dapat menyetujui, mengedit, hingga menghapus komentar-komentar yang ada.



Pengaturan Blog
Kamu dapat mengatur dan mengganti berbagai aturan yang ada untuk blog yang telah kamu buat agar sesuai dengan yang kamu inginkan. Terdapat beberapa menu pengaturan yaitu Dasar, Publikasikan, Format, Komentar, Arsipkan, Feed Situs, Email, OpenID, dan Izin. Dimana setiap perubahan dari pengaturan ini akan berpengaruh pada keseluruhan blog yang kamu miliki tersebut.

    Sub Menu “Dasar”, Berisi pengaturan blog secara dasar mulai dari judul blog, uraian tentang isi blog, hingga setting global serta menu untuk menghapus blog. Sub Menu “Publikasikan” Tempat dimana blog kamu akan dipublikasikan. Kamu dapat mengganti nama domain yang telah ada ke domain baru yang kamu inginkan. Sebaiknya pertahankan domin yang telah ada, karena apabila kamu mengganti domin, domin yang lama tidak dapat di pakai kembali. Sub Menu “Format” Kamu dapat mengatur jumlah tampilan posting pada halaman utama, memformat tanggal, waktu, bahasa, hingga template bahasa yang akan muncul tiap kali kamu membuat posting baru. Sub Menu “Komentar” Kamu dapat menampilkan atau menyembunyikan komentar, izin user yang akan berkomentar, penempatan komentar, hingga konfirmasi ke email kamu jika terdapat user yang berkomentar pada blog kamu. Sub Menu “Arsipkan” Kamu dapat mengatur frekuensi arsip, dan mengaktifkan atau menon-aktifkan halaman posting yang akan memberikan halaman web unik untuk tiap posting yang ada pada blog kamu. Sub Menu “Feed Situs” Kamu dapat memilih ukuran feed, mengubah arah feed, hingga menambahkan feed pada footer blog kamu. Sub Menu “OpenID” Berguna untuk masuk ke situs yang memanfaatkan OpenID lainnaya. Anda juga dapat mengizinkan pengguna OpenID lainnya memberi komentar dalam blok kamu. Sub Menu “Izin” Memberi izin kepada user lain untuk menulis di blog kamu, hingga mengatur untuk membaca blog kamu.



Mengatur Tata Letak Elemen atau Layout Blog
Kamu dapat mengatur layout sedemikian rupa sehingga sesuai dengan blog yang kamu inginkan. Kamu juga dapat menambahkan bermacam-macam elemen yang telah disediakan oleh blogger yang berkerjasama dengan pihak ketiga yang menyediakan layanan yang sesuai, agar blog kamu terlihat lebih menarik. Kamu juga bisa memasukan berbagai elemen periklanan.

    Sub Menu “Element” kamu bisa mengedit dan menambah Gatget yang telah tersedia. Untuk menyusun Elemen halaman yang sesuai dengan yang kamu inginkan, klik dan drag elemen menuju halaman blog ke tempat yang kamu inginkan, dan pilih “Edit” untuk mengedit isi elemen. Sub Menu “Font dan Warna” Mengatur atau merubah warna latar dan warna font sesuai dengan yang kamu inginkan. Sub Menu “Edit HTML” Digunakan untuk backup dan restore template yang ada secara online. Anda juga dapat mendownload template yang telah ada dan mengeditnya pada komputer Anda, kemudian meng-upload kembali template yang penrnah Anda download untuk dapat di gunakan dalam blog anda. code template (.XML). untuk mendapatkan template, buka posting kami yang menyediakan temlpate gratis buat Anda. Sub Menu “Template” Mengubah template yang telah ada dengan template baru yang tersedia, template basic.



Posted by Unknown, Published at 04.09 and have 0 comments