Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Tips Memilih Program Studi Perguruan Tinggi

Tips Memilih Program Studi Perguruan Tinggi

         Pentingnya pendidikan bagi masa depan memberikan keharusan bagi setiap individu untuk berspekulasi terhadap sesuatu yang diyakininya. Kini saatnya bagi kalian yang akan atau telah lulus  SMA kemudian berniat melanjutkan ke perguruan tinggi Negri/Swasta diharuskan memilih minat program studi yang akan menentukan arah kemana seorang tersebut untuk berkarir. Perlu diingat bahwa memilih program studi yang tepat sangatlah penting karena tidak sedikit orang yang mengeluh ketika menjalani masa perkuliahan mengalami kesulitan belajar dengan alasan "ini bukan program studi pilihan saya, wajar saja klo sya merasa sulit" kurang lebih begitu ungkapan para pelajar yang salah memilih program studi tidak didasari dengan minat dan bakat mereka.
         Berikut ini ada beberapa tips untuk teman-teman dalam memilih program studi perguruan tinggi negri atau swasta :


1. Bakat
  
    Jelas dan nyata bahwa setiap orang mempunyai bakat yang berbeda-beda, kelebihan dan kemampuan dalam suatu bidang memiliki peranan utama dalam pemilihan minat program studi dan penentuan dimana seorang tersebut akan berkarir, iya sih meskipun pada kenyataanya banyak sarjana ekonomi yang menjadi montir ahahhaa. Proses itu tidak pernah bohong. Fenomena sarjana ekonomi yang menjadi montir adalah gambaran bahwa kreatifitas dan daya sensitif  seorang terhadap peluang berkarir wajib diasah seumur hidup menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Mempunyai bakat tetapi tidak bisa membaca peluang, mungkin itu akan sia-sia. Point pertama yang bisa diambil yaitu pilih minat program studi sesuai dengan bakat dan menganalisis peluang bakat tersebut dikemudian hari.

2. Peluang
     Faktor penjunjang bakat adalah peluang. Bakat seseorang akan bernilai tinggi atau bermanfaat apabila peluang yang didapat didunia kerja terbuka lebar. Sebenarnya point ini tidak terlalu penting, tetapi alangkah baiknya menganalisis seberapa besar peluang dan manfaat bakat seseorang dikemudian hari. Point yang bisa diambil dari tips kedua ini yaitu pintar-pintar membuat atau membaca peluang bakat yang akan ditekuni.


Mungkin cukup sekian dan mudah-mudahan bermanfaat. Mohoh kritik dan sarannya :)

Baca juga yang ini ya

1. Motivasi ketika mengalami kegagalan
2. Hikmah obrolan sahabat lama


Posted by Unknown, Published at 07.13 and have 0 comments