Informasi Teknologi, Tutorial Blog Dan Pemrograman

Kekurangan Dan Kelebihan Windows 8

Kekurangan Dan Kelebihan Windows 8

    Setelah beberapa pekan lalu saya menggunakan windows 8 sebagai sistem operasi di laptop saya. Saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada sistem operasi ini. Sejenak kita berbicara mengenai rumor tentang beredarnya isu bocornya informasi tentang fitur baru windows 8 pada waktu menjalani pengembangan. Seperti penambahan ribbon UI pada windows explorer, layar start baru dll, semua orang khususnya pecinta dunia IT sangat antusias akan hal ini. Kebanyak orang dibuat berkesan dibawah naungan microsoft. Bahwa microsoft akan memanjakan pemakai/pengguna serta memberikan kemudahan dalam pemilihan start menu dan start screen, tentunya hal ini menjadikan penggila microsoft semakin responsif dan dapat berperilaku efisien. 
      
Kelebihan Windows 8 :

Penampilan Lebih Dinamis
    Windows 8 memiliki penampilan yang lebih dinamis dibandingan dengan windows versi sebelumnya. Silahkan Anda liat gambar diatas. Jika windows versi sebelumnya mungkin agar ribet dalam mengatur menu atau pun hal lainnya. Tapi dengan windows 8 Anda tinggal menggeserkannya saja untuk memindahkan menu pada tampilan awal. Menurut saya ini lebih cocok untuk layar sentuh. Seperti telpon (ponsel) sellular cerdas atau pun tablet, komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dilengkapi dengan fitur notifikasi dan informasi saat ini, terkait akun Anda di dunia maya. 

Sistem Pencarian Data Lebih Universal (Menyeluruh)
    Berbeda dengan windows versi sebelunya, jika windows sebelumnya jika mencari suatu data harus memerlukan beberapa langkah. Tetapi dengan windows 8, Anda lebih mudah dalam mencari data yang diinginkan. Cukup mengetik nama data di tampilan awal, langsung muncul beberapa pilihan data terkait. Tentunya dalam hal ini algoritma windows 8 lebih diperluas dan disempurnakan.

Sebenarnya masih banyak, kelebihan yang terdapat dalam sistem operasi windows 8, hanya saja saya mengalami kesulitan dalam menulis. Mengingat kemampuan saya yang minim dalam bidang jurnalis. Jadi mohon maaf apabila kata-katanya sulit dimengerti. hee hehe

Kelebihan windows 8 yang lain yaitu :

Booting lebih cepat
Saking cepatnya bahkan bisa lebih cepat dari hidupnya monitor PC saat ini. Waktu Booting windos 8 hanya 8 detik saja dan lebih mantapnya lagi tak ada lagi flashing layar BIOS. Joos banget kan.

Lebih Aman Dan Nyaman
Siapa manusia yang tidak suka keamanan dan kenyamanan ? Orang gila saja yang seperti itu. Kenapa bisa lebih aman ? Windows 8 dibuat dengan fondasi keamanan yang lebih ketat di bandingkan dengan versi sebelumnya. Windows 8 juga dilengkapi dengan Ecure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI sehinggi bisa melindungi laptop/PC dari malware saat booting.

Support Dengan Semua Software
Pernahkah kalian install software entah itu game atau pun program perangkat lunak lain di windows 7 dan gagal pada saat melakukan instalasi. Ada kemungkinan itu tidak support. Selain itu biasanya nih. Windows 7 emang banyak program-program yang gak support. Saya sendiri kadang kesulitan mencari akal agar program tersebut bisa diinstal di windows 7. Didalam sistem operasi windows 8 semua software windows 7 bisa berjalan pada sistem operasi windows 8, selain itu windows 8 memiliki kemudahan dalam instalasi perangkat lunak tidak seperti di windows 7 yang sering mengalami kendala terkait dengan dukungan sistem operasi.

Spesifikasi Hardware Tidak Harus Tinggi
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan penggunaan windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM. Mungkin microsoft juga ingin memperluas jaringan pemasarannya pada semua produk mobile.
  
Memiliki Interface Yang Lebih Segar 
Windows 8 memiliki menu yang tersusun rapi dan lebih menarik dibandingakan dengan versi sebelumnya yaitu windows 7. Desain metro windows 8 ini diharapkan bisa memanjakan pecinta SO Microsoft.

Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windos 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaannya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang menggunakan Window 8 pun kemungkinan besar akan otomatis mengertakan fitur ini.

Lebih Optimal Untuk Layar Sentuh
Sebenarnya windows 7 juga digunakan untk layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoprasian. Benten sareng windows 8 (beda dengan windows 8) :D interfacenya yang diberi julukan sebagai Metro benar-benar didesain khusus untuk sentuhan Ala Windows Phone.

Kekurangan Windows 8

1. Tidak Ada Tombol Start dan Close X

Sayangnya, tidak ada tombol start dan Close X di tampilan muka Windows 8. Hal ini membuat pengguna bingung dan sulit untuk memulai pekerjaan, menutup pekerjaan atau mengakses program. Meski adanya sistem pencarian data, tapi keberadaan tombol Start dinilai sangat penting untuk kemudahan pengguna.

Untuk mengakhiri tugas di Windows 8, Anda mesti mengarahkan panah mouse Anda ke atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, Anda harus men-drag-nya, dan barulah program tersebut tertutup.

2. Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi

Ini yang mungkin paling membingungkan bagi pengguna Windows 8. Sebab, saat beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang bisa terbuka secara bersamaan, sementara data lainnya tersembunyi. Anda mesti menggunakan fitur pencarian universal untuk membuka data yang lain.
Di Amerika serikat windows 8 dibanderol seharga USD 69,99. Beberapa developer mengatakan banyak hal yang dibatasi untuk mencegah pembajakan software asli dari windows. Karena kita tau baru-baru ini banyak kasus pelanggaran yang cukup merugikan pihak pembuat software. Untuk itu Microsoft akan mengarahkan untuk pemebelian melalui microsoft store yang disediakan dalam Sistem Operasi tersebut.


Sepertinya jika dijelaskan semuanya ini akan memakan waktu yang lama, mengingat saya orang sibuk, "Sibuk tidur, sibuk maen, sibuk ng'game, "sibuk cari cewe :D". Silahkan Anda coba2 dulu kemudian jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini untuk memberikan komentar. Thx.






Posted by Unknown, Published at 00.37 and have 0 comments