Pada awalnya saat komputer dihidupkan BIOS melakukan POST. POST dilakukan untuk mengontrol apakah ada kerusakan pada hardware/software komputer atau tidak dan selain itu POST di perlukan untuk memberikan informasi hardware apa saja yang ada pada komputer.  Kemudian istilah program yang disebut dengan bootstrap loader, melakukan proses di ROM (read only memory) BIOS, tujuannya yaitu untuk menemukan boot sector. Boot sector adalah Sektor pertama dalam sebuah disk dan didalamnya terdapat program yang sangat kecil yang berfungsi untuk me-load sebuah sistem operasi. Boot sector memiliki tanda berupa angka yaitu yaitu 0xAA55 = 43603 pada byte 0x1FE = 510. Dengan cara inilah hardware dapat mendeteksi boot sector.
Bootstrap loader menyimpan daftar tempat untuk mencari boot sector. Proses pencarian ini tergantung pada komputer yang di gunakan karena setiap komputer mempunyai perbedaan dalam melakukan proses boot.
Apabila bootstrap loader menemukan boot sector maka akan langsung me-load ke dalam sistem opersi  yang sebelumnya telah diinstal.